About this course

Pembelajaran Bahasa Indonesia ini ditujukan untuk siswa SMA kelas XII. Terdapat enam bab yang akan dipelajari meliputi: (1) surat lamaran pekerjaan, (2) cerita sejarah Indonesia, (3) editorial, (4) novel, (5) artikel, dan (6) kritik sastra dan esai. Materi-materi tersebut disusun berpedoman pada buku pelajaran Bahasa Indonesia dari Kemendikbud. Dengan mempelajari materi ini, pemelajar diharapkan dapat mengenal dan memahami kemudian menyusun, membuat, atau memproduksi sebuah teks. Dengan kata lain, kemampuan berbahasa dan bersastra pemelajar diharapkan dapat meningkat melalui pembelajaran berbasis teks dan pengalaman. Untuk menyelesaikan setiap bab nya, pemelajar membutuhkan waktu sekitar 15—20 menit.

Setiap bab memuat empat hingga lima materi dengan berbagai kegiatan atau keterampilan di dalamnya. Pada bab pertama, berisi lima materi dengan kegiatan mengidentifikasi, menyajikan, memformulasikan, menyusun, dan melaporkan surat lamaran pekerjaan. Pada bab kedua, berisi empat materi dengan kegiatan mengidentifikasi, menganalisis, mengonstruksi, dan menulis cerita sejarah pribadi. Pada bab ketiga, berisi empat materi dengan kegiatan mengidentifikasi, menyeleksi, menganalisis, dan merancang teks editorial. Pada bab keempat, berisi empat materi dengan kegiatan menafsirkan, menganalisis, menyajikan, dan merancang novel. Pada bab kelima, berisi empat materi dengan kegiatan mengevaluasi, menyusun, menganalisis, dan mengonstruksi artikel. Pada bab keenam, berisi empat materi dengan kegiatan membandingkan, menyusun, menganalisis, dan mengonstruksi kritik sastra dan esai.


What you will learn

Menulis surat lamaran kerja dengan memperhatikan isi dan sistematikanya

Menulis novel sejarah pribadi dengan memperhatikan informasi, sistematika, kaidah kebahasaan, dan nilai-nilai di dalamnya.

Merancang teks editorial dengan memperhatikan informasi, ragam informasi, struktur, dan kaidah kebahasaan.

Merancang sebuah novel dengan memperhatikan unsur instrinsik dan ekstrinsik novel.

Menyusun artikel opini dengan kalimat fakta dan kalimat opini serta bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menulis kritik sastra dan esai dengan memperhatikan sistematika dan kebahasaan.

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Lifia Yola Febrianti

Language Center
Learn more
LY

Course Information

Start Date

14 December 2022

End Date

-

Language

-

Category

Bahasa Indonesia

Duration

2 hours

Enrolled Students

2

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)