About this course

Dalam kursus ini, peserta akan memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan bijaksana di tengah tantangan finansial. peserta akan dapat menguasai dasar-dasar keuangan personal dalam kehidupan yang semakin kompleks saat ini. Dengan fokus pada proses perencanaan keuangan, manajemen arus kas, dan manajemen kredit yang bertanggung jawab, peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan. Selain itu, peserta akan menjelajahi topik-topik penting lainnya seperti investasi, perlindungan asuransi, dan perencanaan masa pensiun untuk membantu peserta mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih percaya diri.

Course ini membawa peserta untuk memahami Proses Perencanaan Keuangan dan menetapkan tujuan keuangan yang jelas, serta strategi untuk mencapainya. Peserta akan belajar menilai status keuangan mereka saat ini, membentuk fondasi yang kokoh untuk perjalanan keuangan mereka. Selanjutnya, mereka akan mendalami Alat Perencanaan Keuangan dan konsep Nilai Waktu Uang. Melalui eksplorasi Budgeting dan Manajemen Kas, peserta akan mengembangkan strategi anggaran dan mempelajari manajemen kredit yang bertanggung jawab. Pengambilan keputusan hidup penting seperti pembelian Mobil dan Rumah juga akan dibahas. Peserta juga akan memahami implikasi keuangan dari Keputusan pembelian ini. Pada topik Manajemen Risiko, peserta akan belajar tentang Perencanaan Asuransi Jiwa. Menyimpan untuk Tujuan Jangka panjang membawa peserta untuk memahami pentingnya menyiapkan dana pensiun dan pendanaan pendidikan. Pada topik Investasi, peserta akan mempelajari dasar-dasar Investasi, Saham dan Obligasi dan ReksaDana.

Para peserta dapat menyelesaikan course ini melalui video selama 1,5 jam dan akan diberikan quiz berjumlah 20 soal pilihan ganda. Diharapkan para peserta dapat menonton videonya dan mempelajari materi yang telah disusun secara lengkap sehingga memudahkan dalam menjawab quiz. Setelah peserta menyelesaikan pelajaran ini secara lengkap, maka peserta dapat memiliki kemampuan pengelolaan keuangan personal yang baik dan dapat lebih percaya diri mengambil keputusan berdasarkan informasi, mengelola sumber daya secara efektif, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.


What you will learn

Student dapat memahami keuangan personal secara umum

Student akan memahami tujuan keuangan yang jelas dan dapat mengembangkan strategi untuk mencapainya, sambil menilai dan meningkatkan status keuangan saat ini.

Student dapat memahami cara pembuatan anggaran serta pengelolaan uang kas dan kredit

Student dapat memahami cara pengambilan keputusan pembelian mobil dan rumah, serta pentingnya berinvestasi pada asuransi

Student dapat memahami pentingnya menyimpan dan berinvestasi untuk keperluan jangan panjang

Meet your instructors

Course Information

Start Date

14 June 2024

End Date

-

Language

-

Category

Finance

Duration

2 hours

Enrolled Students

1

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)