About this course

Fokus utama dari pembelajaran ini adalah agar mahasiswa dapat mengerti konsep pemrograman berbasis objek dan mampu menerapkan algoritma dan konsep yang diajarkan dalam pembuatan program berdasarkan persoalan yang ada.

What you will learn

T0456 - Algorithm and Object Oriented Programming Methods
(Program S1 - 2 SKS)
UNIVERSITAS BINA NUSANTARA


Selamat datang peserta Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) dan selamat bergabung dalam Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Berbasis Objek. Mata kuliah ini merupakan bagian dari Kajian Teknik Informatika. Fokus utama dari pembelajaran ini adalah agar mahasiswa dapat mengerti konsep pemrograman berbasis objek dan mampu menerapkan algoritma dan konsep yang diajarkan dalam pembuatan program berdasarkan persoalan yang ada.

selamat belajar dan semoga sukses.


Dosen Pengampu


Ferdinand Ariandy Luwinda.,S.Kom.,M.T.I
email : fluwinda@binus.edu

Metode Pembelajaran


Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) merupakan metode pembelajaran jarak jauh dengan penyampaian materi secara online. Metode pembelajaran ini peserta belajar secara mandiri dengan alat bantu pembelajaran berbasis dosen.  Sistem penyampaian materi pembelajaran dengan memanfaatkan beragam media seperti internet, mobile phone dan media lainnya. Sistem e-pembelajaran ini dilengkapi dengan fitur-fitur layanan untuk menambah pemahaman mahasiswa seperti forum diskusi, video conference, blog, lecture notes dan fitur-fitur lainnya. Perkuliahan akan berjalan dalam 16 sesi pertemuan yaitu pertemuan tatap muka sebanyak 4 sesi, 10 sesi pertemuan online dan 2 sesi ujian (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester). Topik mingguan yang sudah ditentukan akan dibicarakan setiap minggu. Tugas dibagi menjadi 2 yaitu tugas personal dan tugas kelompok. Interaksi antara mahasiswa dengan dosen digunakan forum diskusi dan video conference.


Capaian Pembelajaran

Berikut ini adalah Capaian Pembelajaran yang akan diperoleh mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan ini :

CP 1: menggunakan sintaks dan fungsi di dalam bahasa C++

CP 2: membuat program dengan bahasa C++ dalam memecahkan masalah

CP 3: Menggunakan konsep - konsep pemrograman berorientasi objek dengan bahasa C++


Peta Kompetensi


Topik Bahan Ajar

  1. Pengertian Algoritma dan Pemrograman; Perbedaan antara POP and OOP; Elemen - elemen dasar C++;Input and Output Stream
  2. Struktur Kontrol dan Operator
  3. Data Struktur dan Fungsi
  4. Algoritma Pengurutan dan Pencarian Data
  5. Operasi File
  6. Object-Oriented Programming; Class and Object Model
  7. Constructors and Destructor; Nesting Object and Friend; Operator Overloading
  8. Inheritance
  9. Polymorphism
  10. Generic Programming


Komponen Penilaian

  1. Keaktifan di forum           : 15%
  2. Tugas personal               : 20%
  3. Tugas kelompok              : 15%
  4. Ujian Tengah Semester   : 20%
  5. Ujian Akhir Semester       : 30%


BukuTeks

Deitel, Paul, Deitel, Harvey (2010). C++ how to program. 7th Edition. Prentice Hall. (Buku Wajib). ISBN: 0-13-246540-X. Bibli: -. 

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menerangkan definisi algoritma dan kriteria penulisan algoritma yang baik.
  • Mahasiswa dapat menerangkan definisi algoritma dan kriteria penulisan algoritma yang baik.
  • Mahasiswa dapat menerapkan penggunaan stream input dan output dalam program C++.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Pengertian Algoritma
  • Procedural Oriented Programming (POP).
  • Object Oriented Programming (OOP).
  • Variabel
  • Key words
  • Tipe Data
  • Komentar
  • Input / Output Stream

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menerapkan struktur kendali pemilihan dan perulangan untuk membuat program dengan C++


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Operator
  • Struktur Kendali Pemilihan
  • Struktur Kendali Perulangan

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menguraikan penggunaan struktur data dan array dalam program C++
  • Mahasiswa dapat menghasilkan program yang terdiri atas fungsi-fungsi yang sesuai.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Array, String, Struct dan Enum
  • Deklarasi dan Definisi Fungsi
  • Argumen dan Default Argumen
  • Fungsi Rekursif, Overloading dan Inline

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat mendemonstrasikan algoritma sorting dasar (bubblesort, selectionsort, insertionsort) untuk pengurutkan data
  • Mahasiswa dapat menjelaskan algoritma searching (sequential, binary dan interpolation)


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Definisi dan Algoritma Sorting
  • Definisi dan Algoritma Searching

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menghasilkan program yang menggunakan file sebagai data input dan output (file stream).


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Operasi File dasar ofstream dan ifstream
  • Operasi File berbasis karakter dan object


Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menguraikan definisi object dan class dalam pemrograman berorientasi object.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut

  • Konsep OOP, class dan object
  • Encapsulation dan Fungsi pada class
  • Permodelan Object
  • Constant dan Static dalam class
  • Object array, global dan lokal

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat mendemonstrasikan penggunaan constructor dan destructor pada sebuah class.
  • Mahasiswa dapat menjelaskan kapan menggunakan konsep friend pada suatu class dan function.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Penggunaan Constructor dan Destructor
  • Macam - macam constructor
  • Pemanggilan constructor dan destructor
  • Friend Function dan Class
  • Nesting Object

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menjelaskan konsep inheritance dalam pembuatan program.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Konsep Inheritance
  • Class Hirarki Diagram
  • Jenis Akses Inheritance
  • Constructor dan Destructor pada Inheritance

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menguraikan konsep trivial polymorphism dan true polymorphism.
  • Mahasiswa dapat menunjukkan hubungan antara antara abstract class dengan fungsi virtual (Polymorphism).


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Pengertian dan Penggunaan Polymorphism
  • Early dan Late Binding
  • Trivial dan True Polymorphism
  • Virtual Method dan Abstract Class

Tujuan Pembelajaran :

  • Mahasiswa dapat menguraikan konsep generic data type pada class dan function.


Terdiri dari sub-topik sebagai berikut :

  • Template
  • Fungsi dan Class Template
  • Contoh Program Template



Meet your instructors

Instructors

To be announced

Course Information

Start Date

11 April 2018

End Date

-

Language

-

Category

SPADA

Duration

10 hours

Enrolled Students

0

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, sila masuk dengan akun Anda.