Advanced Software Engineering
About this course
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membeberkan kepada mahasiswa dengan teknik-teknik mutakhir dan best practice dari
industri yang berkaitan dengan rekayasa perangkat lunak.Topik-topik
yang ditawarkan meliputi: metode pembangunan perangkat lunak dalam
sebuah model kitar hidup proses, rekayasa kebutuhan, pemodelan system
dan perancangan arsitektural, pengujian perangkat lunak, socio-technical system, penjaminan mutu perangkat lunak, dependability , dan manajemen perubahan
What you will learn
7013T - Advanced Software Engineering
(S2 / 3 SKS)
UNIVERSITAS BINA NUSANTARA
Salaam!
Selamat datang di Advanced Software Engineering. Saya Muhammad Ikhwan Jambak bersama anda di Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut. Modul ini diperuntukan bagi mahasiswa pasca sarjana yang telah pernah mempelajari rekayasa perangkat lunak sebelumnya atau yang ingin mendalaminya. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membeberkan teknik-teknik rekayasa perangkat lunak yang mutakhir dan best practice di dunia industri. Sebelum memulai belajar, saya sarankan untuk terlebih dahulu membaca metoda pembelajaran, deskripsi mata kuliah, dan capaian pembelajaran agar anda bisa mendapatkan gambaran awal tentang mata kuliah ini.
Dosen Pengampu
Dr. Ir. Muhammad Ikhwan Jambak, MEng
muhammad.jambak@binus.ac.id
Deskripsi Mata Kuliah
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah untuk membeberkan kepada mahasiswa dengan teknik-teknik mutakhir dan best practice dari industri yang berkaitan dengan rekayasa perangkat lunak.Topik-topik yang ditawarkan meliputi: metode pembangunan perangkat lunak dalam sebuah model kitar hidup proses, rekayasa kebutuhan, pemodelan system dan perancangan arsitektural, pengujian perangkat lunak, socio-technical system, penjaminan mutu perangkat lunak, dependability , dan manajemen perubahan
Metode Pembelajaran
Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) merupakan metode pembelajaran jarak jauh dengan penyampaian materi secara online. Metode pembelajaran ini peserta belajar secara mandiri dengan alat bantu pembelajaran berbasis dosen. Sistem penyampaian materi pembelajaran dengan memanfaatkan beragam media seperti internet, mobile phone dan media lainnya. Sistem e-pembelajaran ini dilengkapi dengan fitur-fitur layanan untuk menambah pemahaman mahasiswa seperti forum diskusi, video conference, blog, lecture notes dan fitur-fitur lainnya. Perkuliahan akan berjalan dalam 16 sesi pertemuan yaitu pertemuan tatap muka sebanyak 4 sesi, 10 sesi pertemuan online dan 2 sesi ujian (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester). Topik mingguan yang sudah ditentukan akan dibicarakan setiap minggu. Tugas dibagi menjadi 2 yaitu tugas personal dan tugas kelompok. Interaksi antara mahasiswa dengan dosen digunakan forum diskusi dan video conference.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran yang diharapkan ketika mahasiswa menyelesaikan mata kuliah ini dengan baik adalah mahasiswa mampu:
CP1: Menganalisa dan membedakan metode proses perangkat lunak
CP2: Menerangkan rekayasa kebutuhan danperancangan yang dapat menuntun ke sebuah produk berkualitas tinggi.
CP3: Menilai kualitas perangkat lunak
CP4: Memadukan pengujian perangkat lunak untuk produk perangkat lunak tertentu
CP5: Mengintergrasikan konsep perangkat lunak ke dalam sebuah pilot project.
CP6: Menghargai akibat strategis dari proyek perangkat lunak dalam sebuah organisasi
Peta Kompetensi dan Peta Program
Topik
- Introduction to Software Engineering
- Software Process Model
- Requirements Engineering
- System Modelling
- Architectural Design
- Design and Implementation
- Software Testing
- Socio-technical Systems
- Dependability and Security Specification
- Software Reuse
- Configuration Management
- Quality Management
- PengenalankepadaRekayasaPerangkatLunak
- Model Proses PerangkatLunak
- RekayasaKebutuhan
- PemodelanSistem
- PerancanganArsitektural
- PerancangandanImplementasi
- PengujianPerangkatLunak
- Socio-technical Systems
- DependabilitydanSpesifikasiKeamanan
- Software Reuse
- ManajemenPerubahan
- ManajemenKualitas
Komponen Penilaian
Keaktifan di Forum : 10%
Tugas Personal : 20%
Tugas Kelompok : 15%
Ujian Tengah Semester : 25%
Ujian Akhir Semester : 30%
Buku Teks
Buku Text Book Utama
- Ian Sommerville. (2010). Software Engineering. 9th edition. Pearson. USA. ISBN: 978-0-13-705346-9.
- Pankaj Jalote.(2005). An Integrated Approach toSoftware Engineering. 3rd edition. Springer. USA. ISBN: 0-387-20881-X.
- Carol L. Hoover, Mel Rosso-Llopart, Gil TaranEvaluating. (2009) Project Decisions: Case Studies in Software Engineering; 1st edition. Addison Wesley.ISBN 978-0-321-54456-8.
- Jeff Tian; (2005). Software Quality Engineering Testing, Quality Assurance, and Quantifiable Improvement.1st edition. IEEE Computer Society; ISBN 0-471-71345-7
Sumber Tambahan
- Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering : A Practioner' s Approach. 7th Ed. McGraw-Hill Companies. ISBN : 978 0 07 337597-7
- Hull, Elizabeth (2011). Requirement Engineering. 3rd Ed. Springer. ISBN 978-1-84996-404-3
- Bourque, P. (2014). Guide to the Software Engineering Body of Knowledge - SWEBOK Version 3.0, IEEE Computer Society. ISBN 978-0769551661
- Bennett, S (2005). Object-oriented Systems Analysis and Design Using UML, 3rd Eds, McGraw Hill. ISBN 978-0077110000
- https://pascal.computer.org/sev_display/index.action
- http://www.acm.org/about/se-code
- http://www.computer.org/cms/Computer.org/Publications/code-of-ethics.pdf
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampauan memahami pengertian dari rekayasa perangkat lunak dan peran dari rekayasa perangkat lunak pada industri ICT.
Subtopik bahasan :
- Sejarah Singkat Rekayasa Perangkat Lunak
- Definisi dan Area Rekayasa Perangkat Lunak
- Pembangunan Perangkat Lunak yang Professional
- Etika Rekayasa Perangkat Lunak
- Peran Rekayasa Perangkat Lunak dalam Perancangan Perangkat Lunak
- Siklus Perangkat Lunak
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampauan menganalisa dan membedakan metode proses perangkat lunak dan menjelaskan persyaratan model, untuk membangun perangkat lunak dengan kualitas tinggi.
Subtopik Bahasan:
- Model
proses perangkat lunak
- Proses
aktivitas
- Mengatasi
perubahan
- The Rational Unified Process
Garis Besar Materi:
- Kenapa model
proses perangkat lunak penting?
- Aktivitas utama proses
pembangunan perangkat lunak
- Ikhtisar Model
Proses Perangkat Lunak
- Model Airterjun
- Model
pembangunan bertahap
- Model penggunaan
ulang perangkat lunak
- Mengatasi Perubahan
- Rational Unified
Process
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan menjelaskan model keperluan, manajemen perancangan dan proyek untuk menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi.
Subtopik Bahasan :
- Pengenalan kepada rekayasa keperluan
- Keperluan fungsional dan non-fungsional
- Dokumentasi kepereluan perangkat lunak
- Spesifikasi keperluan
- Proses rekayasa keperluan
Garis Besar Materi:
- Rekayasa keperluan
- Keperluan fungsional dan Non-fungsional
- Dokumentasi keperluan perangkat lunak
- Spesifikasi keperluan pengguna
- Proses perancangan keperluan
- Penimbulan keperluan dan analisa
- Pengesahan keperluan
- Manajemen keperluan
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan:
- Memahami rekayasa system dan proses pembangunan sistem.
- Memahami mengapa lingkungan sistem harus dipertimbangkan selama proses perancangan sistem.
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Pemodelan Sistem
- Model Konteks
- Model Interaksi
- Model Struktural
- Model Tingkah Laku
- Rekayasa Dipandu Model (Model Driven Engineering)
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan:
- Memahami pentingnya perancangan Arsitektural perangkat lunak.
- Memahami sejumlah tipe arsitektural perangkat lunak yang berbeda, meliputi struktur sistem; dekomposisi modular dan kontrol
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Konsep dan definisi arsitektur
- Keputusan perancangan arsitektural
- Sudut Pandang arsitektural
- Pola Arsitektural
- Arsitektur aplikasi
- Arsitektur sistem informasi
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan:
- Memahami pentingnya perancangan Arsitektural perangkat lunak.
- Memahami sejumlah tipe arsitektural perangkat lunak yang berbeda, meliputi struktur sistem; dekomposisi modular dan kontrol
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Konsep dan definisi arsitektur
- Keputusan perancangan arsitektural
- Sudut Pandang arsitektural
- Pola Arsitektural
- Arsitektur aplikasi
- Arsitektur sistem informasi
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan melakukan serangkaian test perangkat lunak untuk produk perangkat lunak tertentu
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Pengertian Pengujian Perangkat Lunak
- Validasi dan Verifikasi Perangkat Lunak
- Pengujian Manual dan Otomatis
- Metoda Pengujian Perangkat Lunak
- Peringkat Pengujian
- Pengujian Fungsi dan Non-Fungsi
- Pengujian Penerimaan/Serahterima
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan memahami system kompleks termasuk sistem yang merupakan integrasi sistem teknis dan sistem sosial, serta karakteristiknya.
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Sistem kompleks dan Rekayasa Sistem
- Pengertian dan Definisi Socio-Technical System
- Karakteristik Socio-Technical System
- Properti Socio-Technical System
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan mengintegrasikan konsep rekayasa perangkat lunak ke dalam pilot project dan menlai dampak strategis dari proyek perangkat lunak ke dalam organisasi.
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Pengertiann dan definisi Dependability
- Properti Dependability
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan memahami pembangunan perangkat lunak dengan menggunakan (ulang) komponen perangkat lunak yang tersedia.
- Pertukaran Paradigma Pembangunan Perangkat Lunak di Abad 21
- Pengertian dan Konsep Dasar Penggunaan Ulang Komponen Perangkat Lunak
- Konsep-konsep dan tipe Penggunaan Ulang Komponen Perangkat Lunak
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan memahami perubahan di perangkat lunak dan di dalam proses pembangunan perangkat lunak serta menangani persoalan yang diakibatkan perubahan tersebut dengan baik.
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Pengertian Manajemen Perubahan
- Manajemen Versi
- Menangani Eksekusi Sistem
- Manajemen Peluncuran
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa akan mempunyai kemampuan memahami dan menghargai kualitas dari perangkat lunak.
Subtopik Bahasan dan Garis Besar Materi :
- Kualitas Perangkat Lunak
- Standar Perangkat Lunak
- Ulasan dan Inspeksi
- Pengukuran Perangkat Lunak dan metrik
Meet your instructors
To be announced
Course Information
Start Date
13 April 2018
End Date
13 April 2019
Language
-
Category
SPADA
Duration
10 hours
Enrolled Students
0
Rating
0.0
Reviews
No review yet
No review yet