About this course

MOOC Keteknikan Videografi Kelas X merupakan course yang diambil dari buku yang berjudul sama yang diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2013.

Course ini berisi tentang teknik/ cara membuat video dari proses perencanaan (pra-produksi), produksi, hingga paska produksi. Course ini selain ditujukan untuk pelajar SMA namun juga dapat diikuti oleh umum karena berisi topik dasar yang mudah diikuti oleh pemula.

Materi yang didapat oleh pelajar antara lain:

  1. Mengenal Film: Pada section ini akan dibahas tentang sejarah film, perbedaan film pendek dan film panjang, serta penjelasan tentang orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film.

  2. Videografi dalam Desain Komunikasi Visual: Pada section ini akan dibahas tentang kegunaan videografi dalam desain komunikasi visual. Selain itu dijelaskan juga alat dan bahan untuk membuat video.

  3. Membuat Naskah Video: Pada section ini akan dibahas tentang langkah-langkah dalam pembuatan naskah video. Berisi penjelasan juga tentang menyusun naskah produksi (skenario) film.

  4. Menggambar Storyboard: Pada section ini akan dibahas tentang fungsi storyboard dalam pembuatan film serta langkah-langkah dalam pembuatan storyboard.

  5. Shooting Video: Pada section ini akan dibahas tentang jenis-jenis kamera berikut fungsinya, karakteristik beberapa angle kamera, serta menggunakan kamera untuk mengambil gambar berbagai angle.

  6. Editing Video: Pada section ini akan dibahas tentang peralatan yang dibutuhkan dalam editing video, langkah-langkah dalam proses editing video, serta Langkah-langkah dalam editing suara.

  7. Finishing Video: Pada section ini akan dibahas tentang persiapan proses rendering, melakukan proses rendering, serta upload hasil video ke media penyimpanan berbasis cloud.

Setelah menyelesaikan materi pada course ini, diharapkan student dapat membuat video baik untuk film atau iklan atau keperluan lainnya secara mandiri.


What you will learn

Student dapat mengetahui sejarah film, mengidentifikasi insan perfilman, membedakan film panjang dan film pendek, serta mengenal studio film

Student dapat memahami kegunaak videografi dalam desain komunikasi visual dan dapat memahami bahan dan alat apa saja yang digunakan untuk videografi

Dapat mengidentifikasi langkah-langkah dalam pembuatan naskah video, cara membuat naskah video dan dapat menyusun naskah produksi (skenario) film

Student dapat memahami fungsi dari storyboard dalam pembuatan film, mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan storyboard dan dapat mempraktekkan pembuatan storyboard berdasarkan naskah yang telah dibuat

Student dapat memahami jenis-jenis kamera berikut fungsinya, cara kerja kamera, karakteristik angle kamera dan dapat menggunakan kamera untuk mengambil gambar dengan berbagai angle

Student dapat mengidentifikasi persiapan, peralatan yang dibutuhkan dalam editing video, serta dapat memahami langkah-langkah dalam proses editing video dan suara

Student dapat memahami cara rendering dan upload file di penyimpanan berbasis cloud

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Febriyanti, S.Ikom

Learn more
FS

Course Information

Start Date

29 November 2022

End Date

01 January 1970

Language

English

Category

Multimedia

Duration

2 hours

Enrolled Students

2

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)