About this course

Course ini mempelajari tentang pengenalan statistik dasar menggunakan aplikasi JASP (Jeffrey’s Amazing Statistic Program). JASP adalah aplikasi statistika yang free yang dikembangkan dan terus diperbarui oleh sekelompok peneliti di University of Amsterdam. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini untuk menyediakan aplikasi gratis yang mencakup teknik statistik standar dan teknik statistik yang lebih canggih dengan penekanan utama pada penyediaan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif. JASP ini bisa dijalankan di windows/macOS/Linux atau menjalankan browser.

Adapun materi yang dibahas ada 10 modul sebagai berikut:

  1. Overview of JASP tool

  2. Statistics Descriptive

  3. Numerical Statistics Descriptive

  4. Data Integration and Data Distribution

  5. T-Test Independent Sample

  6. Correlation

  7. Regression

  8. T-Test Paired Samples

  9. ANOVA

  10. Chi Square Test

Video tutorial yang dibuat ini memiliki durasi 8-15 menit untuk setiap modulsehingga total durasi untuk menyelesaikan modul ini ±120 menit.

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan mampu menggunakan JASP untuk mengitung atau melakukan analisis statistik dasar seperti menghitung central tendency (mean, median, modus, dll), membuat grafik, menguji data yang akan digunakan. Selain itu, peserta juga mampu mengambil kesimpulan terhadap persebaran data dari plot visual data, memahami jenis skala data, dan memahami uji yang hendak dilakukan terhadap data yang memiliki asumsi. Peserta juga diharapkan mengerti melakukan beberapa test statistika dasar seperti Korelasi , Regresi, T-Test, F-Test, Paired Sample T-Test, ANOVA dan Chi Square Test.


What you will learn

Student dapat menginstal aplikasi JASP dan memahami menu dan data di JASP

Memahami bagaimana menginterpretasikan data menggunakan grafik, menghitung tendensi sentral & dispersi , dan dapat memeriksa apakah datanya benar atau tidak, serta distribusi datanya

Student dapat menganalisis statistik inferensial dengan Uji-T menggunakan sampel bebas dan berpasangan, menganalisis Uji Chi Square, membuat model menggunakan regresi, dan mencari nilai korelasi

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Erna Fransisca Angela Sihotang, S.Stat., M.Kom

Mathematics & Statistics
Learn more
EF
BINUS UNIVERSITY

Nurhasanah, S.Si., M.Kom

Mathematics & Statistics
Learn more
NS

Course Information

Start Date

11 August 2023

End Date

-

Language

-

Category

Mathematics & Statistic

Duration

2 hours

Enrolled Students

3

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)