About this course

Riset User Experience (UX) merupakan riset awal yang dilakukan sebelum desain UI/UX mulai membangun prototipe produk. Hal ini membantu desainer dan pengembang memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna dalam perancangan desain produk dan fitur-fiturnya. Tanpa penelitian pengguna, sebuah prototipe mungkin tidak mengatasi masalah pengguna, membuatnya kurang efektif atau bahkan tidak relevan. Untuk melakukan proses UX research, ada beberapa tahapan yang harus diikuti mulai dari menentukan ruang lingkup masalah hingga menghasilkan ide-ide konkrit bahkan mengecek hasil akhir prototipe sehingga dapat menciptakan produk yang maksimal dan user-centered. Pada pembelajaran ini akan dibahas mengenai proses UX yang terjadi dari tahap awal inisialisasi hingga tahap akhir desain produk digital berdasarkan metode design thinking yang diperkenalkan oleh pendiri IDEO, David Kelley, dan Tim Brown, yang telah digunakan oleh berbagai desainer produk internasional.

Siswa akan belajar bagaimana melakukan penelitian untuk mengumpulkan masalah, menentukan tantangan inti desain, menciptakan ide untuk memecahkan tantangan, membuat prototipe, dan melakukan pengujian kepada pengguna. Penyelesaian video MOOC memakan waktu kurang lebih 4 bulan. Video MOOC diharapkan dapat diubah dan disetujui dalam rentang waktu ini. Setelah mempelajari metode design thinking untuk mengimplementasikan penelitian UX yang efektif, siswa dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang prinsip dan praktik penelitian UX. Mereka akan belajar bagaimana melakukan riset pengguna, menganalisis data, dan menggunakan wawasan yang diperoleh untuk merancang produk yang memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Selain itu, mereka dapat mengharapkan untuk mengembangkan keterampilan dalam pengujian kegunaan, persona dan skenario pengguna, analisis data, dan komunikasi temuan penelitian.


What you will learn

Memahami bagaimana melakukan penelitian pengguna yang efektif dan mampu melaksanakan studi penelitian yang menghasilkan wawasan mendalam tentang kebutuhan, perilaku, motivasi, dan masalah pengguna

Memahami bagaimana menganalisis data dan mengidentifikasi key insight untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan, tujuan, dan poin masalah pengguna

Memahami bagaimana mengeksplorasi dan mengidentifikasi ide-ide terbaik yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi solusi desain yang sukses yang memenuhi kebutuhan pengguna dan melebihi harapan

Memahami cara membuat model desain dengan ketelitian rendah atau tinggi yang dapat digunakan untuk pengujian, evaluasi, dan iterasi.

Memahami cara menyempurnakan dan meningkatkan desain berdasarkan kebutuhan dan harapan pengguna

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Moh. Thaha Rizieq

Information Systems
Learn more
MT

Course Information

Start Date

22 August 2023

End Date

01 January 1970

Language

English

Category

Information Systems

Duration

2 hours

Enrolled Students

3

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)