About this course

Gizi adalah ilmu yang mempelajari makanan dan kandungan didalam nya yang mempengaruhi metabolisme dan kesehatan tubuh manusia. Ilmu gizi mencakup berbagai macam aspek, diantaranya adalah pemahaman mengenai zat gizi makro (macronutrients) dan zat gizi mikro (micronutrients) hingga pengaruh konsumsi zat gizi tertentu terhadap kejadian malnutrition hingga resiko suatu penyakit degenerative.

Para siswa memerlukan waktu kurang lebih selama 120 menit untuk menyelesaikan keseluruhan modul pembelajaran dan agar dapat memahami lebih dalam konsep dari kebutuhan gizi dan pengaruhnya terhadap status kesehatan seseorang. Melalui modul ini diharapkan agar para siswa dapat memahami gambaran umum mengenai kebutuhan gizi harian dan kaitannya dengan kejadian atau resiko penyakit degeneratif tertentu dengan contoh resiko diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung koroner. Pneyebab dari undernutrition maupun overnutrition juga dibahas pada modul ini. Para siswa juga dapat menghitung secara langsung kebutuhan gizi dan kecukupan gizi mereka masing-masing yang berdasarkan pada kebutuhan individu dan derajat aktivitas fisiknya sehingga mereka bisa memproyeksikan kebutuhan gizinya secara mandiri. Prinsip dan pedoman umum gizi yang seimbang juga dibahas secara umum beserta kaitan nya dengan asupan, konsumsi dan kebutuhan zat gizi berdasarkan standar yang ada.

Modul ini diharapkan dapat memberikan manfaat mengenai pemahaman akan konsep dan penerapan gizi seimbang pada kehidupan sehari-hari. Termasuk didalamnya konsep konsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik, dan kaitannnya dengan kesehatan.


What you will learn

Student dapat memahami konsep dasar dari gizi dan gizi seimbang

Student dapat memahami serta menghitung besaran energi, dan zat gizi baik zat gizi makro maupun mikro yang dibutuhkan oleh tubuh

Student dapat memahami sebab dan akibat dari asupan gizi yang tidak seimbang (malnutrition) baik asupan gizi yang berlebih (overnutrition) maupun gizi kurang (undernutrition)

Student dapat memahami hubungan antara status gizi dengan kejadian penyakit kronis dengan menitikberatkan pada diabetes melitus tipe 2 dan jantung koroner (Cardiovascular diseases – CVD)

Meet your instructors

Course Information

Start Date

14 October 2024

End Date

-

Language

Bahasa Indonesia

Category

Food Technology

Duration

2 hours

Enrolled Students

1

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)