About this course

Pada kursus ini, Anda akan kami ajak untuk dapat mengetahui segala sesuatu terkait dengan analisis pada produk pangan.  Akan terdapat sepuluh sub topik kursus, yang mana secara keseluruhan seluruh materi dapat Anda pelajari dalam waktu satu jam.

Pertama-tama, Anda akan belajar tentang step dalam melakukan analisis dan bagaimana memilih metode analisis yang tepat. Selanjutnya Anda belajar mengenai analisis komposisi bahan pangan. Pada kursus ini hanya akan berfokus pada metode pengujian kadar protein dan lemak pada bahan pangan. Selain itu, Anda akan diajarkan mengenai analisis penampakan fisik suatu produk pangan pada tingkat mikro (mikrostruktur) menggunakan mikroskop elektron. Terdapat dua jenis mikroskop elektron yang umum digunakan, yakni SEM (Scanning Electron Microscope) dan TEM (Transmission Electron Microscope), yang mana keduanya akan dibahas pada kursus ini.

Adapun pengujian bahan pangan dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan ikatan antigen dan antibodi atau yang disebut dengan immunoassay. Pada kursus ini, akan dijelaskan prinsip dasar, prosedur analisa, serta jenis jenis immumoassay. Selanjutnya penjelasan akan lebih fokus pada metode immunoassay yang umum digunakan, yakni ELISA (Enzyme-Linked Immunosorbent Assay). Spektroskopi merupakan studi tentang penyerapan dan emisi cahaya, serta radiasi lainnya oleh materi. Prinsip ini dapat dilakukan untuk melakukan penentuan suatu komponen dalam bahan pangan. Pada kursus ini, akan diperkenalkan dua jenis instrument spektroskopi yang umum digunakan, yakni UV-VIS Spektrofotometer dan Atomic Absorption Spectrophotometer.Pada akhir sesi kursus, Anda akan diajarkan teknik pemisahan suatu komponen dari campuran penyusunnya atau yang dinamakan teknik kromatografi. High Performance Liquid Chromatography (HPLC) dan Gas Chromatography (GC) merupakan metode yang akan secara khusus dijelaskan pada kursus ini.

What you will learn

Mengetahui tahapan dan memilih metode dalam melakukan analisis pangan

Memahami prinsip dasar dan metode dalam melakukan analisis protein dan lemak

Memahami prinsip, prosedur kerja, dan jenis-jenis immunoassay secara umum dan ELISA secara khusus

Memahami teknik mikrostruktur menggunakan mikroskop electron

Memahami prinsip analisis pangan dengan spektroskopi

Memahami prinsip analisis pangan dengan kromatografi

Meet your instructors

Course Information

Start Date

09 September 2022

End Date

-

Language

-

Category

Food Technology

Duration

2 hours

Enrolled Students

6

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)