About this course

Mathematical Problems in Industrial Engineering merupakan bagian dari mata kuliah Deterministic Optimization sebagai salah satu mata kuliah inti di Jurusan Teknik Industri. Pada course ini dipelajari berbagai metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan untuk mengoptimalkan sumber daya yang terbatas, meminimalkan biaya, dan memaksimalkan keuntungan. Masalah optimasi yang dibahas adalah kasus-kasus yang dihadapi perusahaan. Pendekatan yang digunakan dalam merumuskan permasalahan dan menentukan solusi untuk persoalan yang dihadapi adalah menggunakan menggunakan pendekatan model matematis.


Materi pada pertemuan pertama adalah pengenalan berbagai masalah di perusahaan yang dapat diformulasikan sebagai permasalahan matematis sederhana. Materi selanjutnya mengenai bagaimana memformulasikan permasalahan secara matematis dan mencari optimal solusi bagi permasalahan tersebut menggunakan metoda grafis. Pemodelan menggunakan metoda simpleks dibahas pada pertemuan ketujuh termasuk mencari solusi bagi masalah tersebut. Topik yang terakhir adalah sensitifitas analisis bagi solusi optimal yang telah diperoleh.


Penjelasan materi diberikan dengan menggunakan materi powerpoint yang disertai video penjelasannya, serta lecture note yang dapat dipelajari mahasiswa. Total pertemuan adalah 10 pertemuan, sebelum pelajar dapat mengikuti test sebagai bagian penilaian kelulusan untuk course Mathematical Problems in Industrial Engineering. Materi disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Setelah menyelesaikan course ini, mahasiswa akan memahami berbagai tipe permasalahan secara matematis, serta memformulasikannya ke dalam model matematis. Mahasiswa dapat menghitung dan menentukan solusi optimal untuk berbagai masalah maksimasi dan minimasi baik pada fungsi dua variabel maupun lebih dengan metoda grafis dan metoda simplex algoritma.


What you will learn

Student dapat menjelaskan permasalahan di perusahaan dalam sebuah model matematis

Student dapat memformulasikan model matematis untuk persoalan minimasi biaya yang memiliki dua variabel keputusan dan menentukan solusi optimalnya.

Student dapat memformulasikan model matematis untuk persoalan maksimasi  keuntungan yang memiliki dua variabel keputusan dan menentukan solusi optimalnya.

Student dapat memformulasikan model matematis untuk persoalan dengan dua atau lebih variabel  keputusan dan menentukan  solusi optimalnya menggunakan metoda simpleks

Diharapkan student dapat menjelaskan apa itu sensitivitas analisis dan menghasilkan analisis sensitifitas dengan metode grafis

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Dr. Ir. Rienna Oktarina, S.T., M.T.

Industrial Engineering
Learn more
DO
BINUS UNIVERSITY

Dr. Rida Zuraida, S.T., M.T.

Industrial Engineering
Learn more
DR

Course Information

Start Date

01 December 2022

End Date

-

Language

-

Category

Industrial Engineering

Duration

2 hours

Enrolled Students

2

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)