About this course

Course ini merupakan bagian dari sistem intelijen kompetitif bisnis, dengan fokus Menganalisis Data dengan Tableau untuk mengorganisasikan data menjadi informasi, informasi menjadi knowledge, serta dashboard sebagai kebutuhan dalam mendukung keputusan bisnis. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep Business Intelligence dan menggunakan BI Tools (Tableau Public), mengoperasikan Tableau Public, menyiapkan dan menghubungkan data di lembar kerja Tableau, memahami pentingnya visualisasi data, mengetahui berbagai jenis grafik dan kegunaannya, mampu menggunakan grafik yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang memerlukan analisis data dan membuat dashboard interaktif di Tableau.


Total durasi pembelajaran antara 100 – 150 menit dengan materi yang telah disusun sedemikian rupa agar mudah dicerna, dipahami dan dilaksanakan dengan baik. Dengan menggunakan Tableau Public yang bersifat open source, gratis, dan dapat diakses secara online, para peserta akan dapat menggunakan Tableau Public untuk memanipulasi dan menyiapkan data untuk dianalisis melalui koneksi ke sumber data, menggabungkan tabel, dan menghasilkan dasbor interaktif yang akan membantu orang mengambil keputusan dan mengambil tindakan berdasarkan data bisnis mereka. Pembelajaran dan tutorial Menganalisis Data dengan Tableau ini juga mendemonstrasikan cara membuat dashboard di Tableau yang dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan manajemen yang lebih baik berdasarkan analisis data-data terkini maupun data historikal, serta memberikan laporan yang bersifat prediktif dalam konteks bisnis.

Komposisi materi course ini meliputi:

  1. 1. Pengenalan Tableau

  2. 2. Login ke Tableau

  3. 3. Lembar Kerja Tableau

  4. 4. Menggabungkan 2 Tabel

  5. 5. Membuat Visualisasi Data

  6. 6. Mengatur Jenis Grafik dan Warna

  7. 7. Menerapakan Fitur Filter dan Sort

  8. 8. Mempublikasikan Lembar Kerja

  9. 9. Menggunakan Fitur Trendline dan Forecast

  10. 10. Membangun Dashboard.


What you will learn

Menjelaskan Konsep Kecerdasan Bisnis dan Akses ke tools BI (Tableau).

Dapat mengoperasikan tableau public untuk memanipulasi dan menyiapkan data untuk dianalisis melalui koneksi ke sumber data, menggabungkan tabel, dan menghasilkan dasbor interaktif

Meet your instructors

BINUS UNIVERSITY

Joni, S.Kom., M.TI.

Learn more
JS

Course Information

Start Date

30 September 2024

End Date

-

Language

Bahasa Indonesia

Category

Information Systems

Duration

2 hours

Enrolled Students

2

Rating

0.0

Reviews

No review yet

Pendaftaran mandiri (Siswa)
Pendaftaran mandiri (Siswa)